Selasa, 16 Desember 2014

Camat Patuk Launching Wisata Gunung Ireng

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) - Camat Patuk R Haryo Ambar Suwardi melaunching obyek wisata (obwis) Gunung Ireng, Desa Pengkok, Patuk. Selain itu, juga diluncurkan Buku Sejarah Gunung Ireng. Kegiatan juga dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Dr Sahedhy Noor SK MM, Koordinator pendamping rintisan Desa Wisata Pengkok Dewi Kusuma wardani MSc dan undangan.

“Pendampingan pengembangan Desa Wisata Desa Pengkok akan dilakukan hingga disahkan dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan. Melalui pengembangan ini untuk mendorong perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Ny Dewi Kusuma Wardani disela kegiatan, Selasa (16/12/2014).

Obwis Gunung Ireng merupakan kawasan alam yang memiliki pemandangan yang cukup indah. Bahkan lanjut Dewi, terdapat jalur tracking menyusuri kawasan yang memiliki lokasi menarik diantaranya Watu Lumpang, Watu Depok, Watu Lafadz Allah dan Sendang Ayu. Lokasinya cukup luas, bahkan terdapat lokasi bumi perkemahan, serta jalur untuk rafting, offroad dan bermain air soft gun.

“Kawasan Desa Pengkok juga memiliki aneka makanan kuliner yakni dawet lembong, emping garut, roti tales dan ceriping pisang madu. Nasi merah bakar juga dikemas menarik,” imbuhnya.

Camat Patuk R Haryo Ambar Suwardi menuturkan, pengelolaan obyek wisata Gunung Ireng sudah dilakukan kelompok sadar wisata. Memang saat ini baru dimulai rintisan dan pengembangan. Selain potensi alam, produk makanan masyarakat juga cukup bagus.

“Bila nantinya akses jalan semakin baik, tentunya akan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Kecamatan akan memfasilitasi untuk promosi agar Gunung Ireng semakin dikenal secara luas,” jelasnya. (Ded)